Comments

KBS

Masa Muda Daliman
Masa Mudanya Daliman 
 KEBUMEN- Berjuang tampa pamprih mukin itu kata yang tempat untuk mengambarkan sosok daliman, Meski berjasa sebagai pejuang kemerdekaan Namun di sisi hari tuanya justru hidup sengsara. tak ada gemilang harta, rupiah masih menyewa rumah.  MEngontrak adalah pilihan bagi pak daliman  degan sederhanaanya dala kehidupanya, meski begitu gurat ketampananya di masa mudanya masih terlihat jelas di fotonya.

Daliman salah satu pejuang RI tak hanya itu dalamian juga ber untuk karena pernah mendaat tugas yang bergensi yakni menjadi ajudan presiden Soekarno dan wakilnya Mohamad Hata, karena pernah mengeyam pendidikan yang di kirim oleh Belanda di semarang setalah tamat di jadikan polisi belanda, ketiga belanda pergi datang jepang, juga di rikut menjadi olisi jepang kata daliman mewakili kisahnya.

Berapa kali mengikuti peperangan. Dia pernah ikt perang gerilya yang di pimpin oleh jendral Sudirman, selain itu dia ikut dala kancah peperangan krawang bekasi serta perang palagan Ambarwa, namun di antara peperangan tersebut yang paling ektrem an penuh perjuangan dan cukup menyesarakan adalah perang gerilya dengan jendral sudirman, waktunya cukup panjang selama 6 bulan. 

Masa Tuanya Daliman 
Daliman menambahkan setelah indonesia berhasil dapat merebut dari tangan penjajah, dia bergabung dengan mobrik atau istilah krop brimob di jakarta, pada tahun 1948, Daliman di tarik ke istana kepersidenan untuk menjadi pengawal presiden Soekarno dan Mohamad Hata sebagai wakilnya.

pengalamanya ketiga menjadi pengawal presiden setia ada kunjungan keluar negri, kalo presiden mau masuk WC, selalu saya cek dulu ke WC,  juga pula bila presiden mau makan saya makan dulu untuk di cek, kewatir presiden terna racun. setealh sukarno lenser dia di tarik lagi di krop brimob.

Perjuang daliman memang besar di negri ini meski balasanya tak berapa, daliman tetap menikmati di hari tuanya dengan bahagia walo saaat ini daliman masih hidup atau tingal di rumah kontrakan Bahakuri Gombong  yang hanya di temani cucunya ruli (30) . hdup tak berkecukupan harus di jalani Daliman, di tabah dia sudah lama hidup menduda.

Dulu sih ada istri tapi sudah meningal duniaa tahun 1991 istri juag sebagi Pewira TNI, Pangkat Terahirnya Kolonel. pukas mbah daliman ( sumber Kebumen Ekpres) 

0 komentar:

Poskan Komentar